10 Vokalis Terbaik Sepanjang Masa

Siapa yang menyukai musik genre rock?
Rasanya jenis musik yang satu ini tak akan pernah kehilangan penggemar. Justeru genre ini kerap menginspirasi kehadiran sub-genre lain. Baik musisi maupun fansnya pun semakin banyak. Ada yang menjalani karier sebagai musisi rock secara solo, banyak juga yang tergabung dalam sebuah band. Dari zaman dulu sampai sekarang, mereka datang silih berganti. Banyak yang bertahan dan meninggalkan kesan, tak jarang pula yang mesti terjungkal.

Khusus di daftar ini, nama-namanya pasti sudah tidak asing lagi. Beberapa dari mereka merupakan artis solo, dan ada juga yang merupakan vokalis utama atau penggerak dari sebuah band rock. Sebenarnya, jumlah mereka terlalu banyak untuk dituliskan.  Karena itu, kami menyaringnya menjadi top 20 saja. Nah, siapa saja penyanyi rock terbaik yang masuk list? Jom!
1. Freddie Mercury
vokalis terbaik dunia sepanjang masa, vokalis terbaik dunia 2015-2016, vokalis terbaik dunia versi rolling stone, vokalis terbaik dunia versi majalah rolling stone, vokalis terbaik dunia 2015-2020
Freddy Mercury lahir dengan nama Farrokh Bulsara. Dia lahir di Zanzibar, Tanzania. Tepatnya pada 5 September 1946. Meski sudah tergabung dengan berbagai grup musik, namun namanya sangat kental dengan Queen. Dia memang menjadi vokalis sekaligus penulis lagu yang handal. Melalui pengaruhnya juga, band tersebut menjadi salah-satu yang terbaik dan terlaris.
Apalagi ketika Freddie Mercury merilis lagu fenomenal berjudul “Bohemian Rhapsody”, talenta dirinya dan band semakin tereksplor dan membuat orang terkagum-kagum. Freddy juga terkenal piawai ketika tampil langsung atau live. Ia menjadi salah-satu penyanyi yang paling cerdik ketika berinteraksi dengan penonton. Jiwa seninya pun begitu tinggi. Tak ayal kalau dia kerap terlibat dalam mendesain album-album lain.
Kehidupannya sama dengan selebriti pada umumnya. Dia begitu menyenangi pesta atau gaya hidup mewah. Namun kehidupan pribadinya tidak terlalu tereksplor. Sampai kemudian sehari menjelang kematiannya, 23 November 1991, dia memberikan pernyataan yang sangat mengejutkan publik. Freddy Mercury mengaku positif HIV-Aids. Dia meninggal di usianya yang masih 45 tahun, di London, Inggris.
2. Robert Plant
vokalis terbaik di dunia sepanjang masa, vokalis terbaik di dunia 2015, vokalis terbaik di dunia 2015-2016, vokalis terbaik di dunia 2016-2017, vokalis terbaik di dunia 2015-2020
via : pinterest.com
Robert Plant lahir pada 20 Agustus 1948 di Bromwich Barat, Staffordshire, Inggris. Dia bukan hanya penyanyi, melainkan juga penulis lagu yang sangat popular. Ia menjadi vokalis dari band ternama, Led Zeppelin, yang sebelumnya sempat memiliki nama “New Yardbirds”. Di tangannya ini, sebagian besar lirik lagu band tercipta.
Terinspirasi dari Elvis Presley, Robert Plant sudah menaruh minat di dunia musik ketika usianya masih muda. Bahkan ia sampai keluar sekolah demi mengejar karier bermusiknya. Keputusannya itu menggiringnya pada pembentukan berbagai grup musik, sampai kemudian lahir Led Zeppelin. Dia dan gitaris bertalentanya, Tommy Page, langsung berhasil menggaet banyak fans. Genre yang mereka bawakan lebih ke hard rock dan heavy metal.
Pada Juli 2009, Robert Plant dianugerahi penghargaan yang pastinya tak akan ia lupakan. Karena dedikasinya di dunia musik, dia menjadi “Commander of the Order of the British Empire”. Pangeran Charles sendiri yang melimpahkan penghargaan tersebut di istana Buckingham. Majalah Rolling Stone mencatatkan namanya sebagai salah-satu penyanyi terkeren sepanjang zaman. Apalagi ia memang menjadi inspirasi bagi generasi musisi selanjutnya.
3. Elvis Presley
vokalis terbaik dunia sepanjang masa, 10 vokalis terbaik dunia sepanjang masa, 100 vokalis terbaik dunia sepanjang masa, inilah 20 vokalis terbaik dunia sepanjang masa
via : pinterest.com
Elvis ‘Aaron’ Presley menjadi penyanyi sekaligus aktor yang lahir pada 8 Januari 1935, di Tupelo-Mississipi. Semasa hidupnya, ia meraih kesuksesan cukup pesat. Namanya selalu muncul di radio, televisi atau media lainnya. Ia bahkan dijuluki sebagai Rajanya Rock. Jelas, Elvis Presley ini menjadi salah-satu ikon musik yang paling popular. Banyak sekali musisi besar yang mencatut namanya sebagai inspirator.
Banyak sekali orang yang menjadi fansnya. Gaya bermusiknya lain dan tampilan dirinya pun begitu tampan. Paduan tersebut pastinya sangat pas bagi seorang entertainer. Sayang sekali, keluarga yang sudah dibinanya bersama Priscilla mesti berantakan. Bahkan bermula dari perceraian itulah, Elvis Presley mesti menjalani kehidupan yang destruktif. Sampai kemudian dia meninggal pada 16 Agustus 1977, di Memphis – Tennessee. Usianya masih 42 tahun dan kuat dugaan, gagal jantung akibat penyalahgunaan obat menjadi dalang dibaliknya.
4. Jim Morrison
vokalis terbaik dunia sepanjang masa, 10 vokalis terbaik dunia sepanjang masa, 100 vokalis terbaik dunia sepanjang masa, inilah 20 vokalis terbaik dunia sepanjang masa
Salah-satu penyanyi dan penulis lagu yang sangat kharismatik. Dia merupakan vokalis utama dari The Doors. Namun di tahun 1971, dia memutuskan untuk keluar dari grup musiknya. Morrison pindah ke Paris, menjadi penyair sekaligus menutup usia di sana. Waktu itu usianya masih 27 tahun.
Berita kematiannya menjadi konspirasi tersendiri. Kabar menyebutkan kalau ia meninggal karena gagal jantung. Namun dugaan lain pun muncul. Dia dikebumikan di pemakanan Pere Lachaise, Paris. Lokasi makamnya bahkan menjadi salah-satu destinasi yang sering menarik para turis. Dia memang menjadi legenda musisi rock yang sangat misterius dan berpengaruh.
5. John Lennon
vokalis terbaik dunia sepanjang masa, vokalis terbaik dunia 2015-2016, vokalis terbaik dunia versi rolling stone, vokalis terbaik dunia versi majalah rolling stone, vokalis terbaik dunia 2015-2020
John ‘Winston’ Lennon menjadi penyanyi sekaliguspenulis lagu yang cukup berkarakter, popular dan berpengaruh. Vokalis The Beatles ini lahir pada 9 Oktober 1940 di Liverpool, Merseyside, Inggris. Namun dia meninggal di New York, pada 8 Desember 1980. Dengan kata lain, usianya tepat kepala empat ketika ditembak dan menemui ajalnya.
John Lennon meraih kesuksesan bersama teman-teman The Beatles-nya. Hasil penjualan album mereka selalu meledak, apalagi popularitasnya, yang sampai sekarang pun belum padam. Bahkan Ratu Elizabeth II sendiri menyatakan kalau The Beatles akan menjadi “Member of the Order of the British Empire”.
6. Paul McCartney
paul mccartney meninggal, paul mccartney song list, paul mccartney quotes, paul mccartney youtube, paul mccartney mp3, istri paul mccartney, biodata paul mccartney, paul mccartney song
via : pinterest.com
Sahabat John Lennon di The Beatles ini merupakan penyanyi, penulis lagu sekaligus aktivis hak-hak hewan. Dia lahir pada 18 Juni 1942 di Liverpool, Inggris. Nama lengkapnya Sir James Paul McCartney, namun orang lebih mengenalnya sebagai Paul McCartney. Pasca bubarnya The Beatles, dia menjalani karier solo dan menjadi salah-satu yang tersukses dan terpopular.
Sama-sama kehilangan sosok ibu di usia muda, dia dan John Lennon pun seperti memiliki ikatan kuat tersendiri. Mereka kemudian membentuk Band The Beatles bersama dengan member lain. Band tersebut menyedot perhatian besar dari publik. Apalagi ketika dunia tengah dilanda krisis politik dan sosial, mereka justeru mengekspresikan harapan akan adanya cinta, damai dan kehidupan menyenangkan di dunia rock & roll.
Khusus Paul McCartney, dia menjadi penulis lirik terbanyak bagi band. Bahkan lagu ciptaannya kerap keluar sebagai hits. Sebut saja “Hey Jude”, “Yesterday”, “Let It Be”, dsb. Dari tahun 1962 sampai 1970, dia dan band sudah menelurkan sebanyak 12 album. Kegiatan touring terus berlanjut sampai mereka memutuskan untuk bubar, menghancurkan hati penggemar. Tapi Paul terus melanjutkan karier dengan debut solo dan masuk dalam “Rock and Roll Hall of Fame”.
7. David Bowie
vokalis terbaik dunia sepanjang masa, 10 vokalis terbaik dunia sepanjang masa, 100 vokalis terbaik dunia sepanjang masa, inilah 20 vokalis terbaik dunia sepanjang masa
David Robert Jones aka David Bowie lahir pada 8 Januari 1947 di London, Inggris. Dia merupakan penyanyi yang multitalenta. Selain di dunia tarik suara, David Bowie mampu menunjukkan bakatnya sebagai aktor, multi-instrumentalist, penulis lagu dan pelukis. Tak heran kalau di tahun 1996, sang ‘Ziggy Stardust’ ini dilantik dalam “Rock and Roll Hall of Fame”. Bahkan di tahun 2006, ia dianugerahi penghargaan sepanjang masa dari Grammy.
8. Steven Tyler
vokalis terbaik dunia sepanjang masa, 10 vokalis terbaik dunia sepanjang masa, 100 vokalis terbaik dunia sepanjang masa, inilah 20 vokalis terbaik dunia sepanjang masa
Steven Victor Tallarico aka Steven Tyler lahir pada 26 Maret 1948 di Yonkers, New York. Mantan juri American Idol ini merupakan vokalis dari Band Aerosmith, grup musik yang bertanggung-jawab atasbooming-nya lagu “I Don’t Want to Miss a Thing”, “Dream On”, “Goodbye”, “Walk This Way”, dsb. Dia merupakan putera dari guru musik, yang sebenarnya mempelajari drum di usia muda. Namun waktu kemudian mengarahkannya pada profesi menyanyi. Dia sukses bersama bersama Aerosmith, sampai kemudian kesuksesan serta masalah datang silih-berganti, baik untuk dirinya sendiri maupun grup musiknya. Yang jelas, namanya pasti masuk dalam daftar vokalis berpengaruh atau yang terbaik.
9. Axl Rose
10 vokalis terbaik dunia sepanjang masa, 100 vokalis terbaik dunia sepanjang masa, inilah 20 vokalis terbaik dunia sepanjang masa
William Bruce Bailey merupakan nama asli dari Axl Rose. Dia lahir pada 6 Januari 1962 di Lafayette, Indiana. Mendengar namanya, kita akan langsung teringat Guns n’ Roses. Selain sebagai vokalis utamanya, dia juga merupakan salah-satu orang yang membawa grup musik sukses tersebut ke dunia. Axl Rose pun menjelma jadi penyanyi yang sukses dan kharismatik, tapi sekaligus kontroversial. Di tahun 2012 saja, ketika band-nya didedikasikan dalam “Rock and Roll Hall of Fame”, dia malah tidak hadir. Meski demikian, dia sudah menjadi inspirasi bagi banyak orang.
10. Mick Jagger
vokalis terbaik dunia 2015-2016, vokalis terbaik dunia versi rolling stone, vokalis terbaik dunia versi majalah rolling stone, vokalis terbaik dunia 2015-2020
Michael Phillip Jagger aka Mick Jagger lahir pada 26 Juli 1943 di Dartford, Inggris. Dia merupakan aktor, penulis lagu dan tentunya vokalis Rolling Stones yang sudah perform selama lebih dari setengah abad. Penampilannya di panggung begitu kharismatik. Namanya serta nama band-nya pun sudah menjadi legenda tersendiri di industri musik dunia. Berbagai penghargaan bergengsi sudah mereka raih. Ia sendiri sudah mencapai karier solo dan meraih kesuksesan besar. Eksistensi dan pengaruhnya begitu besar di dunia musik, khususnya genre rock.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

10 Bassist terbaik yang ada di indonesia

Deretan 10 Vokalis dengan suara melengking terbaik sepanjang masa

9 Band Rock Dan metal terbaik di indonesia