Daftar Musisi paling berpengaruh dengan kemajuan industri musik indonesia

Indonesia adalah negara yang memiliki talenta seniman yang banyak dan berkualitas. Apabila kita membicarakan tentang musisi paling berpengaruh di Indonesia sebenarnya ada banyak tolak ukur yang menjadikan musisi tersebut layak menyandang predikat berpengaruh.
Untuk para musisi dan pecinta musik di Indonesia khususnya yang tidak mengalami zaman keemasan para musisi ini memang sebaiknya tahu dan memiliki wawasan sejarah mengenai perkembangan musik modern di Indonesia.
Di dalam artikel ini akan disebutkan sebagian musisi atau grup yang memiliki pengaruh seperti pengaruhnya terhadap musisi generasi berikutnya, pengaruh terobosan dalam industri rekaman, dan pengaruh dalam terbentuknya basis komunitas massa dan fans yang kuat.
Berikut ini adalah beberapa musisi atau grup yang berpengaruh versi republikmusisi.com. Urutan nama musisi tidak mengandung arti apapun.
  1. A. Riyanto (23 Nopember 1943 – 17 Juni 1994)

A Riyanto
A Riyanto

Sudah banyak talenta yang di orbitkan oleh ayah dari Lisa A. Riyanto ini antara lain: Tety Kadi (Teringat Selalu), Ernie Djohan (Teluk Bayur), Rafika Duri (Hati Tertusuk Duri), Jamal yang diorbitkan lewat album Hati Seputih Salju. Di era 70-80an nama A. Riyanto dikenal sebagai tonggak lagu-lagu pop yang hits.
  1. Benyamin S. (5 Maret 1939 – 5 September 1995)

benyamin s
benyamin s

Benyamin S. merupakan penyanyi betawi yang paling di terima di semua kalangan. Gayanya yang spontan dan lucu kental dalam lagu-lagu yang dibawakannya. Deretan album fenomenal yang dikenang antara lain : Kompor Mledug, Lampu Merah, Tukang Kredit. Bang Ben panggilan akrabnya menginspirasi banyak musisi generasi setelahnya seperti Naif, Harapan Jaya, dll.
  1. Iwan Fals (3 September 1961)

iwan fals
iwan fals

Iwan Fals adalah salah satu musisi yang kritis dan berani melawan ketidakadilan melalui karya-karyanya. Kini dia menjabat sebagai presiden OI (Orang Indonesia) sebuah yayasan yang dibentuknya dan merupakan wadah bagi pencinta Iwan Fals yang memiliki massa besar dan tersebar di mana-mana.
  1. Koes Plus

koes plus
koes plus

Kalau Inggris punya Beatles Indonesia punya Koes Plus. Membicarakan musik pop Indonesia memang tidak dapat dipisahkan dari grup band Koes Plus ini. Karya-karyanya banyak dan selalu laris di jamannya. Lagu “Kolam Susu”, “Bunga di Tepi Jalan” selalu abadi dalam sejarah musik Indonesia.
  1. God Bless

God Bless
God Bless

God Bless merupakan salah satu grup band hard rock tertua dan paling awet di Indonesia. Menjadi opening act ketika Deep Purple manggung pertama kali di Jakarta, pada tahun 1975. Band yang dimotori Ahmad Albar (vokal), Ian Antono (gitar) ini menjadi patron band-band rock generasi selanjutnya. Lagu-lagu hits nya yang masih dikenang sampai saat ini antara lain “Semut Hitam”, “Rumah Kita”, dan “Huma di Atas Bukit”.
  1. Harry Roesli (10 September 1951 – 11 Desember 2004)

Harry Roesli
Harry Roesli

Motor dari DKSB ( Depot Kreasi Seni Bandung ) ini memang dikenal sebagai musisi yang kreatif. Lirik-lirik lagunya yang kadang konyol namun juga mengandung kritik termasuk sangat berani. Kang Harry lebih dari seorang musisi, terkadang tulisan-tulisan karyanya juga bisa kita temukan di media massa.
  1. Rhoma Irama (11 Desember 1974 )

rhoma irama
rhoma irama

Inilah sang “Raja Dangdut Indonesia” sebutan populer lain adalah Bang Haji Rhoma. Rhoma Irama adalah sebuah fenomena dan legenda hidup musik dangdut Indonesia. Saat lagi booming musik rock di jamannya seperti Deep Purple, Bang Haji Rhoma berhasil mencuri perhatian dengan grup Soneta yang sukses memadukan dangdut dan rock. Musisi yang sekaligus da’i atau penceramah ini memang punya banyak penggemar fanatik di daerah. Saat ini Bang Haji Rhoma juga fokus menggeluti dunia politik.
  1. Slank

slank
slank

Musik yang jujur, apa adanya, dan yang jelas ‘slengekan’ adalah kata-kata yang mewakili musik Slank. Dengan didukung fans yang fanatik bernama “Slankers”, band Slank yang sudah ada sejak awal 80an sampai sekarang ini, nama Slank terus berkibar meski sudah bergonta-ganti personel. Anak band mana yang ga kenal Slank? Benderanya selalu berkibar di mana-mana bahkan terkadang bukan di konser Slank sekalipun. Band ini sangat konsisten sampai saat ini, termasuk band besar Indonesia yang cukup lama dan awet, dan menginspirasi banyak band bermunculan, meski konsistensinya yang sangat sulit ditiru.
  1. Fariz RM (5 Januari 1959)

fariz rm
fariz rm

Musisi yang satu ini dikenal multi-instrumentalis sebagai penyanyi, pemain musik, dan penulis lagu. Kejeniusannya diakui ikut membentuk wajah pop Indonesia lewat lagu “Barcelona”, “Nada Kasih”, dll. Musikalitas Fariz RM menginspirasi banyak musisi dan band seperti Kla Project, Jikustik, Dewa, dll.
  1. Ahmad Dhani (26 Mei 1976)

ahmad dhani
ahmad dhani

Kontroversi tidak bisa terpisahkan dari sosok Ahmad Dhani. Diluar dari kontroversinya pentolan RCM (Republik Cinta Management) sekaligus pentolan Dewa 19 ini termasuk diakui memberi pengaruh dan warna terhadap perkembangan musik Indonesia pada tahun 90-an hingga saat ini. Musikalitasnya dan wawasan musiknya diakui, selain itu banyak artis dan lagu hits yang dihasilkan dari tangan dinginnya, mulai Mahadewa, The Rock, The Virgin, dll.
Diluar musisi di atas sebenarnya masih banyak nama yang termasuk kategori grup dan musisi paling berpengaruh di Indonesia, misal di era 90-an juga ada nama Melly Goeslaw & Anto Hoed, Pay & Dewiq, Yovie Widianto, dan nama-nama lain yang banyak memberi pengaruh terutama di genre-genre tertentu, di atas hanya disebutkan beberapa saja dengan popularitas dan prestasinya.

Comments

Popular posts from this blog

10 Bassist terbaik yang ada di indonesia

Deretan 10 Vokalis dengan suara melengking terbaik sepanjang masa

9 Band Rock Dan metal terbaik di indonesia